Penyerbukan Pada Anggrek

Penyerbukan alam (Species)
 
Di alam, penyerbukan anggrek biasanya dilakukan oleh hewan, seperti kupu-kupu, ngengat, lalat, lebah, kumbang dan burung. Kebanyakan anggrek menggunakan teknik seperti manipulasi dan penyamaran bahkan aromanya untuk menarik serangga penyerbuknya. Setiap spesies anggrek mempunyai serangga penyerbuk yang spesifik, untuk itulah keseimbangan alam sangat penting untuk kelangsungan anggrek di dunia.
G.E. Rumphius (ca. 1627-1702) merupakan naturalis pertama yang mengamati pollen anggrek, pada deskripsinya tentang Habenaria susannae dan mencoba mengawinkan bunga anggrek. Johann Augustin Wachter sebagai orang pertama yang sukses menyerbukkan anggrek, Habenaria bifolia dan dilaporkan pada tahun 1799 sampai 1801.
Buah hasil penyerbukan buatan pertama di Indonesia adalah jenis Vanilla albida dan Vanda aphylla dari Jawa yang dideskripsikan dan digambarkan oleh Carl Ludwig von Blume pada tahun 1835. Vanilla planifolia diserbukkan di Indonesia untuk pertama kalinya pada 2 Juli 1852 oleh Johannes Elias Teijsmann dan Simon Binnendjik di Kebun Raya Bogor dan menghasilkan buah setelah tahun 1850 dan 1852. Proses hibridisasi ini dilakukan dengan cara memindahkan pollen anggrek ke area stigma  dari anggrek spesies lain.
Dengan anggota lebih dari 10.000 spesies, anggrek merupakan keluarga tumbuhan yang sangat produktif. Dengan tingginya kompatibilitas persilangan anggrek, memicu usaha dari penggemar anggrek untuk menciptakan karya seni berupaka anggrek-anggrek hybrid baru. Calanthe dominii merupakan anggrek hybrid pertama yang tercipta dari karya J. Lindley. Dengan penyerbukan yang dibantu oleh manusia, dengan makin banyaknya orang yang tertarik dalam bidang pengembang biakan anggrek dan penyerbukan buatan, maka terjadi peningkatan jumlah hybrid yang baru, sampai kini 1000 anggrek baru diciptakan setiap tahunnya.
Anggrek Silangan (Hybrid)
Anggrek hybrid atau silangan adalah anggrek yang dihasilkan dari perkawinan antar 2 jenis anggrek yang berbeda. Anggrek dengan sifat unggul akan dipilih sebagai induk silangan agar menghasilkan keturunan bervariasi dan sifat-sifat yang diinginkan. Anggrek hybrid unggul dalam perawatannya yang mudah dan mempunyai tampilan lebih menarik dibandingkan dengan indukannya. Anggrek hybrid harus terdaftar pada Royal Horticultural Society sebagai lembaga yang ditunjuk untuk pendaftaran semua jenis anggrek hybrid di dunia. Di Indonesia jarang sekali yang dapat atau membudidayakan anggrek hybrid yang terdaftar pada Royal Horticultural Society. (toharimoon)
Jual Grosir dan eceran.
Dapatkan harga PROMO


                                 PROMO AKHIR TAHUN                                         HOME

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggrek Hutan Hujan Tropis

Coelogyne Pandurata

Tempat Tumbuh Anggrek