Coelogyne Speciosa

Order/Pemesanan
 
Coelogyne  Speciosa
(koleksi toharimoon)
 
Coelogyne Speciosa
(koleksi toharimoon)


Coelogyne speciosa adalah anggrek epifit. Hidup menempel di batang atau dahan pohon besar. Batangnya membentuk umbi semu (pseudobulb) berbentuk bulat telur dengan panjang sekitar 6 cm dan diameter 2 cm. Umbi semu tersebut bergerombol dan memiliki 1 atau 2 helai daun. Daunnya sendiri memanjang dengan ujung meruncing. Tanaman ini tumbuh dengan baik di dataran rendah maupun daerah pegunungan dengan ketinggian 1.000-1.500 dpl. Tanaman ini dapat tumbuh di media sabut kelapa, pakis dan serbuk gergaji, batang tanaman kaliandra, Bunga anggrek Coelogyne speciosa majemuk dengan tangkai berbentuk zig-zag dengan daun pelindung. Bunga memiliki labellum atau bibir yang khas, berukuran besar, bertaju, tidak rata, dan berbulu. Warna dasar labellum putih sampai hijau muda, dengan warna coklat di bagian tengah, dan putih di ujungnya. Anggrek Bibir Berbulu tumbuh secara alami dihutan hujan tropis dari dataran rendah hingga tinggi. Daerah sebarannya cukup luas yaitu mulai dari Malaysia, Sumatera, Jawa, Kalimantan, hingga kepulauan Nusa Tenggara. Di Indonesia sedikitnya dikenal tiga subspesies anggrek ini yaitu:
§  Coelogyne speciosa subsp. fimbriata, ditemukan hidup di pulau Sumatera
§  Coelogyne speciosa subsp. incarnata, ditemukan hidup di pulau Sumatera dan Jawa
§  Coelogyne speciosa subsp. speciosa, hidup di pulau Jawa, hingga Flores (Nusa Tenggara)

Perbanyakan Tanaman, anggrek hitam dapat diperbanyak secara vegetatif dan generatif. Perbanyakan secara vegetatif dapat dilakukan dengan cara memisahkan anakan. Sedangkan perbanyakan secara generatif hanya bisa dilakukan secara laboratories.
Penyiraman, frekwensi penyiraman tergantung umur tanaman dan kelembaban media tanam. Anggrek muda disiram 2x perhari yaitu yaitu pagi hari ( 06.00 – 08.00 ) dan sore hari ( 16.00 – 18.00 ), sedangkan anggrek dewasa cukup disiram sekali sehari pada pagi hari. Penyiraman terbaik dgn cara spray, ditujukan ke media, batang dan daun. Hindari menyiram bunga karena akan menyebabkan cepat rontok.

Pemupukan diberikan sesuai umur tanaman dan dilakukan dalam 7-10 hari sekali. Pemupukan sebaiknya dilakukan pagi hari (06.00–07.00) atau sore hari (16.00– 18.00. Bila menggunakan pupuk berbentuk cair, semprotkan ke permukaan bawah daun, batang lalu ke akar. Jenis pupuk untuk anggrek hitam muda, disarankan pilih yang banyak mengandung unsur N untuk merangsang pertumbuhan vegetatif. Contohnya : Dekastar 22-8-4 , Vitabloom 30-10-10 atau Jenis Gaviota (pupuk khusus anggrek). Jenis pupuk untuk anggrek dewasa, untuk merangsang pembungaan, contohnya : Hyponex (biru) : 10-40–15, Growmore (orange) 6–30–30 atau Jenis Gaviota 63 (pupuk khusus anggrek).  (Toharimoon) 

Telp/sms/WA : 0852-1655-1709

                      PROMO AKHIR TAHUN                                                            HOME


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggrek Hutan Hujan Tropis

Coelogyne Pandurata

Tempat Tumbuh Anggrek