Perawatan Bibit Anggrek Seedling/Kompot

Perawatan Bibit Anggrek Seedling/Kompot
Order/Pemesanan:
Telp/sms/WA : 0852-1655-1709

Penempatan
Tempat yang dipilih untuk menempatkan bibit anggrek dalam kompot harus cukup cerah, tetapi tidak terkena sinar matahari langsung. Sinar matahari yang baik adalah pagi hari pukul 06.00-10.00. Tempat tersebut juga tidak boleh terkena siraman air hujan.

Bila bibit anggrek ditempatkan di daerah yang tidak terkena sinar matahari, tanaman tidak dapat berfotosintesis dan hanya akan menggunakan persediaan makanan dari dalam tubuhnya yang sedikit jumlahnya. Pada saat persediaan tersebut habis, bibit anggrek akan mati secara serentak. Hal ini dapat terjadi pada 7-10 hari pertama. Sebaliknya, bila ditempatkan di tempat yang terlalu banyak cahaya matahari, bibit anggrek akan mati kekeringan. Kelembaban, Bibit anggrek dalam kompot menyukai kelembaban yang tinggi. Karena itu, harus diusahakan untuk menciptakan lingkungan yang berkelembaban tinggi, misalnya melakukan penyiraman. Penyiraman pada bibit anggrek dilakukan rutin setiap dua hari sekali menggunakan sprayer. Sementara itu, lingkungan di sekitar pot bisa disiram menggunakan slang. Penyiraman anggrek sangat tergantung pada musim. Jika musim hujan, penyiraman cukup pada bibit anggrek dan harus menggunakan sprayer. Ada kontradiksi mengenai hal ini, yaitu banyak menyiram berarti memberi kesempatan bakteri dan jamur untuk tumbuh subur.

Pembibitan, Bibit anggrek membutuhkan pupuk majemuk NPK yang memiliki kadar N tinggi, misalnya NPK dengan perbandingan 60:30:10. Pupuk lain yang dianjurkan dengan fish emultion. Adapun pupuk sekarang banyak dijual adalah “Gandasil, Gaviota, Peters, Trimogen, Dekastar, dan Grinsilt” Pemupukan dilakukan setelah bibit berumur sekitar tujuh hari dengan dosis setengah dari yang dianjurkan, dua kali seminggu. Setelah bibit cukup besar, pemupukan dapat dilakukan dalam dosis penuh sesuai anjuran.
Pengendalian Hama dan Penyakit, Pengendalian hama dan penyakit hanya dilakukan bila dirasa perlu. Misalnya memberikan fungisida sekitar satu atau dua minggu sekali. Kompot kemudian diletakkan didalam rumah kaca/greenhouse terlebih dahulu sampai keadaannya menjadi lebih stabil dan tanaman sudah dapat menyesuaikan diri dengna lingkungan baru. Bila tidak tersedia greenhouse, buatkan para-para dari bambu dan plastik transparan yang dipasang mengelilingi para-para tersebut. Atau sedemikian rupa sehingga sinar matahari dan air hujan tidak langsung mengenai tanaman serta hama tidak mudah menyerang. 
Dapatkan harga 

                          PROMO AKHIR TAHUN                                         HOME

Untuk wilayah DKI Jakarta, Kab. Bogor, Kota Depok dan Kota Bekasi.
Order/Pemesanan dan Konfirmasi:
Telp/sms/WA : 0852-1655-1709

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Anggrek Hutan Hujan Tropis

Coelogyne Pandurata

Tempat Tumbuh Anggrek